Monday 3 October 2016

Mengenang Album (What's the Story) Morning Glory dari Oasis




Hari ini anniversary salah satu album Oasis terbaik dalam sejarah musik Britpop

Album (What's the Story) Morning Glory? ini dirilis pada tanggal 2 Oktober 1995 yg direkam di Rockfield Studio di Wales dan diproduksi oleh Creation Production serta diproduseri Read More >>
oleh Owen Morris dan Noel Gallagher. Ketegangan kakak beradik Gallagher awalnya terjadi dialbum ini yaitu ketika menyanyikan lagu "Wonderwall" atau "Don't Look Back in Anger", Liam marah karena Noel ngotot ingin menjadi vokalisnya di lagu itu.

Liam sudah kebagian sbg vokalis utamanya di lagu "Champagne Supernova", namun ketika Noel mau menjadi vokalis utamanya di lagu "Don't Look Back in Anger", Liam langsung pergi ke klab2 lokal bersama wartawan dan Liam tidak mau melanjutkan rekaman album ini. Namun beruntung sekali kakak-beradik tsb bisa didamaikan hingga melanjutkan proses rekaman album ini. Proses rekaman ini berlangsung selama 15 hari dan keseluruhan dari album ini menyatakan tentang ketidak sempurnaan pada cinta dan kebahagiaan.

Banyak cerita dialbum ini mulai dari lagu "Hello" yg terinspirasi dari serial program anak2 diera 70an yg berjudul You and Me and the Beatles. Lagu "She's Electric" juga terinspirasi dari lagunya the Beatles yg berjudul "While My Guitar Gently Weeps". Di lagu "Cast No Shadow", Noel menciptakan lagu itu ketika berada di kereta api hingga akhirnya dilanjutkan kedalam studio rekaman. Dan dialbum ini ada 2 lagu Untitled yg akhirnya diubah dgn judul "The Swamp Song".

Ada lagu yg mengajarkan seseorang akan pentingnya menjadi diri sendiri dan jangan meniru anak2 gaul yaitu di lagu "Roll with It". Lagu ini berhasil diurutan 2 di UK Singles Chart dan pernah dijadikan lagu diajang sepakbola yaitu final FA Cup thn 2011. Lagu "Wonderwall" termasuk salah satu yg paling hits ini menceritakan tentang teman mimpi yg datang dan menyelamatkan dirimu sendiri. Lagu ini bisa menembus pangsa pasar US yaitu menjadi juara di US Alternative Songs, lalu di UK Singles diurutan ke 2 dan juara di Australia, Kanada, Spanyol dan Selandia Baru.

Lagu "Wonderwall" ini masuk nominasi di Grammy Awards di kategori Best Rock Vocal Performance by a Duo or Group, namun kalah sama Dave Matthew Band asal USA sendiri. Bahkan Gitaris U2 yaitu The Edge sangat menyukai lagu "Womderwall" dan berniat menciptakan lagu yg spt ini. Lagu "Don't Look Back in Anger" ini terinspirasi dari lagunya David Bowie yg berjudul "Look Back In Anger" di thn 1979. Nama "Sally" di lagu ini pun beragam karena banyak media yg bilang kata itu diambil dari judul lagunya Stone Roses yg berjudul "Sally Cinnamon".

Intro awal lagu "Don't Look Back in Anger" yg memakai piano tsb diambil dari intro lagu "Imagine"-nya John Lennon dan juga lainnya yaitu "Watching the Wheels". Awalnya lagu itu mau diberi judul "So Sally can wait?" karena Liam sering mengatakan kata2 itu ke Noel. Sebenarnya Noel ingin menyanyi di lagu "Wonderwall", namun karena Liam ngotot juga ingin bernyanyi di lagu itu akhirnya Noel mengalah dan dialihkan ke lagu "Don't Look Back in Anger". Namun Noel juga mengakui kalo suara Liam memang bagus di lagu "Wonderwall".

Lagu "Don't Look Back in Anger" ini menjadi juara di UK dan Irlandia dan Oasis meraih keuntungan besar di lagu ini karena berhasil meraih platinum di UK. Lagu ini juga dinyanyikan ulang oleh penyanyi2 lain spt Tori Amos, Glay dan The Killers. Lagu "Some Might Say" terinspirasi dari lagu2nya band jadul asal UK yaitu Small Faces dan T-Rex. Di lagu ini merupakan lagu satu2nya yg menampilkan Drummer Oasis yg pertama yaitu Tony McCaroll yg memutuskan keluar karena berselisih paham dgn Gallagher bersaudara dan ia digantikan oleh Alan White.

Noel menulis lagu "Morning Glory" saat dia lagi mabuk sambil mendengarkan Walkman. Lagu ini ditulis tentang kecanduan narkoba dan riff2 gitar di lagu ini terinspirasi dari lagunya R.E.M yg berjudul "The One I Love". Di lagu "Champagne Supernova" ini menasehati anak muda supaya jangan terpengaruh dan ikut sama kelompok2 (Geng) tertentu karena tidak memberikan keuntungan apapun. Noel memasukkan unsur musik Psychedelic Rock di lagu itu. Memang lagu2 dialbum ini hampir semuanya diciptakan oleh Noel sendirian.

"Champagne Supernova" merupakan lagu yg terakhir di album ini yg malah sukses besar dan menjadi juara di US Billboard Modern Rock Tracks dan di Kanada juga. Lagu ini sering dinyanyikan ulang oleh band2 lain spt Ben Folds Five, Hootie & the Blowfish, Snow Patrol, the Killers, Green Day dll. Lewat album inilah Oasis bisa menaklukkan US karena diera 90an sangat sulit band2 UK bisa menembus pangsa pasar US. Dan disinilah kejayaan Oasis mulai memuncak hingga dianggap sebagai band Britpop no.1 di era 90an.

Album ini berhasil terjual sekitar 20 juta keping di seluruh dunia. Meraih 14x platinum di UK dgn terjual 4,6 juta keping, lalu meraih 4x platinum di US dgn terjual 4 juta keping dan lainnya terjual 6 juta keping di benua Eropa. Di Australia meraih 6x platinum dgn terjual 420 ribu keping dan meraih 8x platinum di Kanada dgn terjual 800 ribu keping. Di Irlandia meraih 6x platinum dgn terjual 90 ribu keping dan di Jepang meraih platinum juga dgn terjual 200 ribu keping. Album ini berhasil menjadi juara di banyak negara antara lain di UK, Australia, Kanada, Irlandia, Selandia Baru, Spanyol, Swedia dan Swiss.

Personil : Liam Gallagher (Vokalis/Tamborin), Noel Gallagher (Gitaris/Mellotron/Pianis), Paul "Bonehead" Arthurs (Gitaris/Pianis), Paul McGuigan (Bassis) dan Alan White (Drummer/Perkusi)
Track List
Side A
1. Hello
2. Roll with It
3. Wonderwall
4. Don't Look Back in Anger
5. Hey Now!
6. Untitled (The Swamp Song Excerpt 1)
Side B
1. Some Might Say
2. Cast No Shadow
3. She's Electric
4. Morning Glory
5. Untitled (The Swamp Song Excerpt 2)
6. Champagne Supernova

0 komentar:

Post a Comment