Monday 26 September 2016

Grunge sang Penghancur Musik Metal



Mari kita membahas aliran musik yang dianggap penghancur musik Metal.... GRUNGE
Ada yg rancu siapa yg menemukan nama musik Grunge dan konon penulis yg bernama Paul Rambali mengatakan bahwa dia menemukan kata "Grunge" di thn 1978, namun Marilyn Manson mengatakan bahwa dia juga penemu kata "Grunge" saat diwawancarai oleh salah satu media dan itu dibantah keras. Mark Arm yg membentuk band yg bernama Green River dari kota Seattle ini dianggap salah satu pelopor band Grunge pertama di dunia yg didirikan di thn 1981 dan ada juga yg mengatakan Neil Young adalah pelopor musik Grunge. Musik Grunge ini merupakan gabungan antara musik Hardcore Punk dan Heavy Metal dgn mengandalkan efek2 dari distorsi gitar.
Lirik2 dari musik Grunge ini mengetemakan tentang sisi2 kehidupan yg kelam dari setiap orang seperti depresi, kekecewaan, khawatir, broken home, tekanan hidup, penyesalan, narkoba, kesedihan, masa lalu yg buruk dll. Kita bisa dengar lagu2 Nirvana dan Alice in Chains yg berisikan curahan hati yg menyedihkan, lalu lagunya Pearl Jam yg menceritakan kisah2 suram dari keluarganya dan kisah nyata di lingkungan sekitar. Kebanyakan vokalis Grunge mengeluarkan teriakan ato amarah2 dari suara vokalisnya hingga merasakan nuansa suram yg ada di lagu2nya. Kalau tidak bisa mengartikan lirik lagunya pasti kebingungan membedakan mana musik Grunge atau Alternative Rock. Apalagi suara vokalisnya berbeda2 spt Kurt Cobain dan Eddie Vedder.
Grunge sebenarnya bagian dari musik Alternative Rock, namun musik Alternative Rock beragam dan malah cenderung ke band Pop. Tapi Grunge agak berbeda karena musik2 beraliran Grunge terdengar lebih berat dari musik Alternative Rock karena musik Grunge ada sedikit unsur musik Heavy Metalnya. Musik Grunge inilah yg membuat para gitaris tidak bisa menunjukkan tekniknya yg hebat seperti yg dilakukan oleh gitaris2 dari band Metal karena di musik Grunge tidak membutuhkan melodian2 yg panjang dgn menampilkan teknik2 yg memukau spt yg dilakukan Eddie Van Halen, Dave Mustaine, Paul Gilbert, Dimebag Darrell dll. Musiknya kebanyakan diisi distorsi dan fuzz yg agak kasar suaranya.
Karena dianggap sangat menghayati lagu2nya, kebanyakan musisi2 Grunge jatuh ke dalam lembah narkoba spt yg dirasakan Kurt Cobain, Layne Staley, Scott Weiland, Andrew Wood dll. Musik Grunge memang identik dgn kota Seattle yg ada di Washington hingga musik Grunge diistilahkan dgn musik Seattle-sound. Dan semua itu terinspirasi dari musik2 band Punk Rock spt the Fartz, the U-Menn the Fastback yg dikolaborasikan dgn musik Heavy Metal dari Black Sabbath. Selain Green River sbg pelopor band Grunge, the Melvins juga pantas dianggap pelopor penemu ciri khas musik Grunge. Makanya banyak juga band2 Alternative Rock yg ikutan membuat lagu beraliran Grunge supaya bisa sukses di era 90an.
Makanya itu band2 Metal pada kelabakan ketika band2 Grunge menjadi raja di era 90an. Penampilan band2 Metal yg biasanya terlihat sangar dan juga dandanan keren untuk bisa memikat perempuan, malah bisa dikalahkan oleh musisi2 Grunge yg penampilannya apa adanya seperti orang yg ga pernah mandi seminggu karena sering dibilang ga pake shampoo kalo mandi. Style Kurt Cobain yg paling disukai yaitu pake sepatu converse, baju flannel, sweater dll. Pokoknya style musisi Grunge bisa dibilang anti-gaul dan anti-fashion yg ga mau meniru model2 yg ngetrend spt jaman sekarang. Style rambut Kurt Cobain pun sering ditiru yaitu gondrong sebahu yg panjangnya sama dari depan ke belakang. Musisi2 Grunge jarang pakai kostum yg seragam spt yg dilakukan band2 lainnya.
Di era 80an, musik Grunge dianggap musik orang2 kelas bawah yg dipandang sebelah mata oleh banyak media. Namun pemberitaan2 yg buruk tentang musik Metal spt istilah Sex, Drugs and Rock 'n' Roll memberikan keuntungan buat musik Grunge untuk menghempaskan musik Metal di era 90an. Nirvana yg membuka pintu kesuksesan musik Grunge saat berjaya dgn album Nevermind-nya yg bisa terjual sekitar 30 juta keping album. Disinilah band2 Grunge lainnya berlomba2 merilis album baru spt Pearl Jam, Alice in Chains, Soundgarden, Stone Temple Pilots, Mudhoney, Screaming Trees dll.
Meski di thn 1994, Silverchair menawarkan sesuatu yg baru dari musik Grunge asal Australia, tetap saja belum bisa mengangkat musik Grunge saat itu karena dunia musik Rock lagi berduka atas meninggalnya Kurt Cobain. Dengan meninggalnya Kurt Cobain, pamor musik Grunge langsung menurun drastis hingga akhirnya muncul musik Britpop dan disusul oleh band2 Alternative Rock. Namun perkembangan musik Britpop dan Alternative Rock tak seheboh musik Glam Metal dan Grunge karena pamor mereka kalah dgn sekumpulan anak2 muda yg terlihat alim dgn menari disertai perpaduan suara yg merdu dari grup musik yg disebut Boyband. Beberapa pria remaja mulai suka musik2 Boyband karena disitu gudangnya cewek2 cantik, kalo yang ada di musik Rock kebanyakan yg kurang cantik.
Namun memasuki akhir 90an dan awal 2000an banyak band beraliran post-Grunge yg sukses dgn memberikan nuansa yg baru dan modern spt dilakukan oleh band2 ini : Creed, Nickelback, Alter Bridge, Audioslave, 3 Doors Down, Seether, Foo Fighters, Bush, Puddle of Mudd, Breaking Benjamin, Candlebox dll. Sekarang ini banyak band Grunge yg pindah ke musik Alternative Rock/Metal spt yg dilakukan oleh Pearl Jam, Alice in Chains, Soundgarden dll. Meski Kurt Cobain bilang tidak suka musik Grunge dan lebih suka dibilang musik Punk, tapi dia tidak bisa membohongi orang2 yg tahu aliran musik karena musik Grunge dan musik Punk sudah jelas beda iramanya.

0 komentar:

Post a Comment