Saturday 22 October 2016

Tragedi Kecelakaan Personil Lynyrd Skynyrd




Mengenang kejadian yang tragis, kecelakaan pesawat yang menewaskan sebagian personil Lynyrd Skynyrd


Pada tanggal 20 Oktober 1977, Setelah merilis album Street Survivors sebagian personil Lynyrd Skynyrd menyewa pesawat Convair CV-240 supaya bisa sampe ke Greenville Memorial Auditorium, South Carolina karena Lynyrd Skynyrd berencana manggung disana. Ketika mereka dalam perjalanan terbang ke South Carolina, tiba-tiba pesawat mereka kehabisan bahan bakar dan sang pilot berusaha mendarat darurat di lapangan terbang kecil. Tapi anehnya pesawat tidak bisa dikendalikan hingga tak disangka langsung jatuh di hutan dekat Gillsburg, Mississippi.

Jatuhnya pesawat tersebut membuat beberapa personil Lynyrd Skynyrd yg naik pesawat tsb tewas seketika yaitu Ronnie Van Zant, Steve Gaines, Cassie Gaines dan asisten manajer Dean Kilpatrick, serta sang pilot yaitu Walter McCreary dan co-pilot William Gray. Ada beberapa orang yg selamat, yaitu salah satunya Billy Powell yg mencerita luka wajah yg parah dan lutut kanannya. Lalu 3 personil dari band The Honkettes yg diundang untuk manggung bareng Lynyrd Skynyrd untungnya tidak ikut dalam pesawat.

Lalu sang drummernya juga yaitu Artimus Pyle menderita patah di tulang rusuknya, namun beruntung selamat dari kecelakaan pesawat bersama 2 orang lainnya. Mereka merangkak dari reruntuhan pesawat dan mencoba berjalan melalui hutan2 dan rawa2 hingga akhirnya bertemu para petani disana sambil menunggu bala bantuan. Salah satu personil The Honkettes yaitu JoJo Billingsley mengatakan bahwa sebelumya dia bermimpi bahwa pesawat itu akan mengalami kecelakaan, makanya dia menelpon personil Lynyrd Skynyrd yg lain yaitu Allen Collins supaya ga ikut naik ke pesawat tsb.



Sebenarnya sebelum kejadian ini menimpa Lynyrd Skynyrd, para personil Aerosmith pernah mau memakai pesawat itu saat hendak konser di beberapa kota. Namun beruntung asisten Aerosmith melarang mereka naik pesawat tsb karena ditemukan sebotol minuman keras yaitu Jack Daniels. Asisten Aerosmith menuduh bahwa sang pilot dan co-pilot suka mabuk2an dgn adanya botol2 minuman keras di dalam pesawat. Gara2 kejadian tsb, Lynyrd Skynyrd sempat bubar di thn 1977 sebelum akhirnya mereka balik lagi di thn 1987 dan masih aktif sampe sekarang ini.

0 komentar:

Post a Comment