Monday 26 September 2016

Mengenang John Bonham Sang Maestro Led Zeppelin




Hari ini mengenang hari kematian salah satu drummer terbaik sepanjang masa dari Led Zeppelin
Nama lengkapnya John Henry Bonham yg lahir di bulan Mei 1948 dan meninggal dunia di Clewer-Berkshire (Inggris) pada tanggal 25 September 1980. Awal dari kematiannya bermula saat John Bonham dijemput asisten bandnya yg bernama Rex King di Bray Studio pada tanggal 24 September 1980. Karena perjalanan yg cukup panjang, John Bonham minta
berhenti karena merasa lapar dan sesudah makan tak lupa dia menenggak beberapa botol vodka yg bisa dihabiskan sekitar 400-560 mililiter. Setelah itu John Bonham latihan dan selesai latihan lalu merasa kecapekan langsung tidur di rumahnya Jimmy Page. Di hari kamis dini hari pada tanggal 25 September, John Bonham baru bisa tidur pulas. Di sore harinya salah satu manajer Led Zeppelin yaitu Benji LeFevre dan John Paul Jones mencari keberadaan John Bonham dan ketika mereka menemukanya di kamar tidur ternyata John Bonham sudah meninggal dunia beberapa jam yg lalu.
Saat diotopsi tentang kematiannya diduga kuat karena pengaruh minuman beralkohol karena selama 24 jam, John Bonham mampu menghabiskan 1 sampe 1,4 liter ABV Vodka yg kadar alkoholnya 40% hingga membuatnya muntah dan tersedak seharian. Dan para dokter yg memeriksa mengatakan kematiannya tidak ada unsur narkoba dan murni karena minuman beralkohol. Mayat John Bonham akhirnya dikremasi (dibakar) dan abunya dimakamkan tanggal 12 Oktober 1980. John Bonham termasuk orang yg ramah dan bersahabat makanya teman2nya merasa kehilangan.
Saat berusia 5 thn, John Bonham mengumpulkan beberapa kaleng/tempat dari kopi lalu dia memukul 1 per 1 layaknya seorang drummer karena dia saat itu melihat permainannya Drummer terkenal era 50an yaitu Max Roach, Gene Krupa dan Buddy Rich. Sang ibu membelikannya snare-drum diusia 10 thn, lalu sang ayah melengkapinya dgn membelikan seperangkat alat musik drum diusia 15 thn. John Bonham tidak mengikuti kursus dan dia lebih suka belajar otodidak.Saat masih sekolah diusia 14-15 thn, John Bonham sudah mengikuti band yg bernama Blue Star Trio dan Gerry Levene & the Avengers. Ketika John Bonham sekolah di Sekolahan modern, sang kepala sekolah sampe membuat surat peringatan yaitu "akan menjadi sampah ato menjadi jutawan". Setelah meninggalkan sekolahan di thn 1964, John Bonham magang ditempat kerjaan ayahnya menjadi tukang kayu, meski masih tetep ngeband bersama teman2nya. Band semi profesional yg diikutinya adalah Terry Webb and the Spiders yg akhirnya dipertemukan dgn wanita yg kelak akan menjadi istrinya.
John Bonham sering pindah2 band, mulai dari A Way of Life hingga ke Crawling King Snakes yg akhirnya mempertemukan dia dgn Robert Plant di band tsb. Ternyata hubungan John Bonham dan Robert Plant semakin akrab dan ketika Robert Plant bermain di Band of Joy, John Bonham pun diikut sertakan. Saat Jimmy Page menangani the Yardbirds sendirian, dia membutuhkan beberapa personil yaitu direkrutnya Robert Plant lalu Robert Plant menawarkan John Bonham juga. Sebelum memilih John Bonham, Jimmy Page sudah mempunyai beberapa kandidat yaitu Drummer dari band2 terkenal spt dari Procol Harum, Cream, The Tornados dan John Mayall & the Bluesbreakers.
Namun ketika Jimmy Page melihat skill yg menawan dari John Bonham yg saat itu bermain bersama Tim Rose, langsung Jimmy Page yakin bahwa John Bonham sangat pas dgn apa yg dia inginkan. Jimmy Page langsung mengirimkan pesan lewat telegram dan langsung merekrut John Bonham. The New Yardbirds dari Jimmy Page diganti menjadi Led Zeppelin yg akhirnya terkenal menjadi band Rock papan atas diera 70an yg mampu menyaingi Rolling Stones saat itu. John Bonham menunjukkan skillnya di Led Zeppelin yg terkenal dgn kekuatannya pada pedal drum yg suaranya semakin kuat dan kencang.
John Bonham pernah bermain band yg bernama Screaming Lord Sutch dan sering membantu menjadi drummer buat musisi2 lainnya spt Wings, Lulu, Jimmy Stevens dan Roy Wood. John Bonham ternyata sahabat karibnya Tony Iommi (Gitarisnya Black Sabbath). John Bonham juga sempat bermain film yg berjudul Son of Dracula thn 1974 bersama Keith Moon dan Ringo Starr. Musisi2 terkenal yg mengidolakan John Bonham banyak sekali yaitu mulai dari Joey Kramer (Aerosmith), Dave Grohl (Nirvana), Tommy Lee (Motley Crue), Peter Criss (Kiss), Chad Smith (RHCP), Dave Lombardo (Slayer), Lee Kerslake (Uriah Heep), Brad Wilk (RATM) hingga Phill Collins pun ikutan juga.

0 komentar:

Post a Comment