Monday 26 September 2016

Anniversary Album Abbey Road dari The Beatles



Hari ini anniversary album the Beatles paling legendaris dan terkenal di seluruh dunia
Album Abbey Road ini dirilis pada tanggal 26 September 1969 yg direkam di EMI, Olympic dan Trident Studio di London dan diproduksi oleh Apple Records serta diprduseri oleh George Martin. Sejak kematian manajernya yaitu Brian Epstein, keutuhan the Beatles
mulai goyah dan dibumbui dgn perselisihan antar personil. Selama ini Brian Epstein yg menengahi ego mereka masing2. George Martin pun berusaha keras menenangkan mereka supaya kembali bersatu dan membuat album baru.
Meski para personil the Beatles menunjukkan sikap profesionalnya yaitu menjalin persahabatan lagi antar sesama personil supaya proses album ini cepat selesai. Namun sepandai-pandainya menutupi tapi tetap saja pertengkaran itu tetap ada selama sesi rekaman album ini. Paul McCartney dikabarkan berselisih paham dengan istri John Lennon yaitu Yoko Ono. Yoko Ono dianggap menghambat jalannya proses album ini yaitu saat Yoko Ono mengalami kecelakaan, dia ngotot tetap ingin mengawasi studio rekaman.
John Lennon menginginkan musik2 tradisional, namun Paul McCartney dan George Martin menginginkan album ini lagu2nya mirip spt album sebelumnya yg dimedley. John Lennon dan George Harrison lebih mementingkan urusan pribadinya dan itu membuat Paul McCartney ikut ogah2an juga. Lagu "Come Together" awalnya berjudul "Let's Get it Together" yg diciptakan John Lennon dan Yoko Ono saat berada diacara Montreal. Morris Levy sempat menggugat John Lennon dan mengatakan bahwa lagu ini menjiplak lagunya Chuck Berry yg berjudul "You Can't Catch Me". Lagu ini semakin terkenal ketika dinyanyikan ulang oleh Aerosmith.
Lagu "Something" diciptakan George Harrison yg terinspirasi dari lagunya James Taylor yg berjudul "Something in the Way She Moves". Awalnya lagu ini maunya diberikan kepada Joe Cocker, namun akhirnya tak jadi dan dimasukkan di album Abbey Road. Lagu "Something" ini ternyata favorit John Lennon dan Paul McCartney serta Frank Sinatra pun menyukai lagu ini dan menganggap lagu ini termasuk terbaik sepanjang masa. Lagu "Maxwell's Silver Hammer" ini ditulis saat the Beatles melakukan perjalanan ke negara India. Saat proses rekaman lagu ini pertengkaran terjadi antara Paul McCartney dengan istri John Lennon.
George Harrison merasa bosan dgn lagu "Maxwell's Silver Hammer", tapi Ringo Starr malah menyukainya. Lagu "Oh! Darling" diciptakan Paul McCartney dgn irama doo-wop style mirip lagu2nya Frank Zappa. Trus ada lagu "Octopus's Garden" yg diciptakan oleh Ringo Starr yg terinspirasi saat melakukan perjalanan ke Sardinia. Lagu "I Want You (She's So Heavy)" diciptakan oleh John Lennon dgn alat musik synthesizer. John Lennon menuliskan kisah hidupnya bersama Yoko Ono di lagu ini dan inilah salah satu lagu the Beatles yg bernuansa Rock Progressive.
Ada juga lagu "Here Comes the Sun" yg diciptakan George Harrison yg saat itu stres dgn keadaan yg terjadi pada the Beatles. John Lennon tidak menyumbangkan idenya di lagu ini karena harus memulihkan diri akibat kecelakaan yg dialaminya. Lalu lagu "Because" diciptakan ketika John Lennon melihat istrinya bermain piano menyanyikan lagunya Beethoven yg berjudul "Moonlight Sonata". Lagu "You Never Give Me Your Money" diciptakan Paul McCartney yg terinspirasi ketika terjadi sengketa antara the Beatles dan Allen Klein. Lagu "Sun King" digarap bersamaan dgn lagu "Because" yg temanya juga mirip. Ada 2 lagu ciptaan John Lennon yg dibuat ketika the Beatles berada di India yaitu lagu "Mean Mr. Mustard" dan "Polythene Pam".
Paul McCartney menciptakan lagu ketika ada penggemar yg memasuki rumahnya lewat jendela kamar mandinya yaitu di lagu "She Came In Through the Bathroom Window". Lagu "Golden Slumbers" diciptakan Paul McCartney yg terinspirasi dari puisi Thomas Dekker diabad yg ke 17. Lagu "Carry That Weight" juga ada kesamaan dgn lagu "You Never Give Me Your Money". Di lagu "The End" yg diciptakan Paul McCartney yg menampilkan solo drum Ringo Starr. Dan di lagu "Her Majesty" diciptakan Paul McCartney yg dimedley dari 2 lagu "Mean Mr. Mustard" dan "Polietilena Pam".Yang paling terkenal adalah gambar cover albumnya yg sangat fenomenal dengan ide yg sangat cemerlang dari Paul McCartney. Fotografer yg melakukan pemotretan cover album ini adalah Iain Macmillan dgn desainer pakaiannya dari Tommy Nutter. Cover album ini seakan-akan memberikan pesan yg baik yaitu jangan lupa menyebrang lewat zebra-cross. Sang Fotografer dikasih waktu 10 menit untuk mengambil foto saat mereka berjalan dan ternyata ada seorang polisi yg berada dibelakang kamera mengangkat tangannnya sebagai tanda rambu lalu lintas. Banyak musisi2 yg meniru gambar cover album ini dan cover album ini akan dikenang selama-lamanya.
Album ini termasuk salah satu album the Beatles yg sukses juga dgn terjual sekitar 15 juta keping diseluruh dunia yaitu 12 juta keping terjual di US, lalu terjual 655 ribu keping di Jepang dan 600 ribu keping di UK dsb. Album ini sangat sukses dengan menjadi juara dibanyak negara spt di US, UK, Australia, Kanada, Norwegia, Swedia, Spanyol dan Jerman Barat.
Personil : Paul McCartney (Vokalis/Bassis/Keyboardis), John Lennon (Vokalis/Gitaris/Keyboardis), George Harrison (Gitaris/Backing Vokal) dan Ringo Starr (Drummer/Perkusi)
Track List :
1. Come Together
2. Something
3. Maxwell's Silver Hammer
4. Oh! Darling
5. Octopus's Garden
6. I Want You (She's So Heavy)
7. Here Comes the Sun
8. Because
9. You Never Give Me Your Money
10. Sun King
11. Mean Mr. Mustard
12. Polythene Pam
13. She Came in Through the Bathroom Window
14. Golden Slumbers
15. Carry That Weight
16. The End
17. Her Majesty

0 komentar:

Post a Comment