Sunday 18 September 2016

Kematian Jimi Hendrix


Hari ini mengenang hari kematian Gitaris no.1 di dunia dan selalu terbaik di sepanjang masa
Nama aslinya adalah Johnny Allen Hendrix lahir di Seattle, USA bulan November 1942 dan meninggal dunia pada tanggal 18 September 1970. Orang tua Jimi merupakan keturunan Afro-American dan Irlandia. Lalu di thn 1946, nama Jimi pun berganti James Marshall Hendrix untuk menghormati almarhum kakaknya. Sang ayah Jimi yg juga mantan Tentara Perang setelah pensiun malah sering berbuat kasar pada Jimi hingga akhirnya diadopsi oleh teman dari orang tuanya. Pertengahan era 50an, Jimi sekolah SD di Horace Mann yg sempat diketawai teman2nya karena selalu membawa sapu lalu bergaya seperti bermain gitar.
Teman2nya SD pun sempat mengatakan Jimi itu sudah tidak waras hingga saat remaja di pertengahan thn 1958, Jimi membeli gitar pertamanya seharga 5 Dollar. Lalu Jimi sempat meniru gaya2 musisi blues lainnya spt Muddy Waters, BB King, Howlin "Wolf" dan Robert Johnson. Bahkan Jimi sempat kagum kepada kehebatan Andy Tielman saat nonton videonya The Tielman Brothers yaitu band asal Indonesia hingga gaya bermain gitar dgn menggunakan gigi ditiru oleh Jimi. Lagu instrumental pertama yg dimainkan oleh Jimi yaitu diambil dari Music Theme Peter Gunn.
Beberapa thn kemudian, Jimi membentuk band yg bernama The Velvetones. Tanpa menggunakan gitar listrik membuat hati Jimi berontak dan di pertengahan 1959, sang ayah membelikan gitar listrik kepada Jimi yg bermerk Supro Ozark. Jimi pun hanya lulusan SMP karena SMA dia tidak lulus sekolah. Sebelum diusia 19 thn, Jimi ditangkap polisi karena ketahuan memakai mobil curian, hingga akhirnya diberikan opsi kepada Jimi yaitu milih tinggal di penjara ato menjadi tentara Angkatan Darat. Dan akhirnya Jimi memilih ikut menjadi tentara di thn 1961, dan selama di base-camp tentara, Jimi sering memainkan gitarnya.
Bahkan sampe dilarang atasannya pun Jimi tidak perduli, karena gitar adalah nyawa bagi dirinya. Disana Jimi bermain gitar bersama temannya yg bernama Billy Cook hingga akhirnya di thn 1963, mereka berdua di keluarkan dari dinas kemiliteran. Setelah keluar, mereka berdua membuat band yg dinamakan King Kasuals. Di thn 1964, Jimi tidak betah di bandnya dan memutuskan pergi ke Harlem dan menginap di hotel hingga tak sengaja bertemu dgn seorang gadis yg akhirnya menjadi kekasihnya yaitu bernama Faye. Jimi sempat ditawari menjadi gitaris cadangan dari grup musik kulit hitam yg bernama Isley Brothers.
Gitaris Rolling Stones yaitu Keith Richards sangat tertarik dgn penampilan Jimi saat pacarnya yaitu Linda merekomendasikan Jimi kepadanya, tapi sayangnya usulan Keith ditolak karena manajer Rolling Stones tidak menyukai permainan Jimi. Lalu Jimi bertemu dgn Chas Chandler yg membantunya membentuk band yg bernama The Jimi Hendrix Experience. Chas membantu Jimi mencari beberapa personil untuk melengkapi bandnya Jimi yaitu dgn merekrut Noel Redding dan Mitch Mitchell.
Jimi pun pergi ke London, Inggris dan disana dia bertemu dgn Eric Clapton yg juga gitaris dari band Cream saat itu. Selama bertemu dgn Jimi, Eric Clapton bener2 terkagum-kagum dgn skill yg dipunyai Jimi dan sepertinya tiada tandingannya di thn 1966. Setelah itu Jimi bersama bandnya bermain Klab malam yg bernama Bag O'Nails di London, Inggris yg ditonton musisi terkenal di jaman itu spt John Lennon & Paul McCartney, Jeff Beck & Eric Clapton, Mick Jagger & Brian Jones dan Kevin Ayers yg dibuat terkagum-kagum semua oleh skill-nya Jimi.
Lagunya yg berjudul "Hey Joe" akhirnya terkenal di thn 1966 di urutan ke 6. Di thn 1967, Jimi membuat aksi yg spektakuler di thn itu dgn membakar gitar listriknya disela-sela konsernya sambil sujud didepan gitarnya yg terbakar. Beberapa bulan kemudian Jimi konser di Swedia dgn mengambil tema The Wild Black Man Of Borneo (Borneo = Kalimantan). The Jimi Hendrix Experience akhirnya merilis album pertamanya dgn judul Are You Experienced. Album itu bener2 sangat laris di USA hingga meraih multi-platinum dan platinum di UK. Lagu2 yg hits dialbum itu spt "Purple Haze", "Foxy Lady", "Hey Joe", "Fire" dan "The Wind Cries Mary" dsb.
Thn 1968, The Jimi Hendrix Experience merilis album berjudul Axis : Bold as Love yg meraih platinum juga di USA dan UK. Lagu2 yg hits dialbum itu spt "Up from the Skies", "EXP", "One Rainy Wish", "If 6 Was 9" dsb. Banyak kritikus2 music Rock mengatakan bahwa di album Axis ini, gaya permainan gitar yg halus dan musiknya sangat bagus n brilian. Beberapa bulan kemudian merilis album Eletric Ladyland yg ternyata sukses besar hinge 2x patinum di USA. Lagu2 yg hits dialbum itu sped "All Along the Watchtower", "Gypsy Eyes", "Burning of the Midnight Lamp", "Voodoo Child" dsb. Album ini dianggap dijuluki sebagai "Hendrix's Masterpiece" dan kejeniusan Jimi terlihat di album ini yg bisa dikatakan Gitaris terhebat didunia di era 60-an.
Thn 1969, The Jimi Hendrix Experience dinyatakan bubar, karena permasalahan internal antar personil. Sang Bassis yaitu Noel Redding mengatakan bahwa Jimi bertindak seenaknya dan kemenonjolannya sangat kuat hingga inilah yg menjadikan keretakan band ini. Thn 1969, Jimi menjadi musisi yg paling mahal bayarannya, hingga beberapa bulan kemudian tampil di Woodstock. Saat Jimi tampil di Woodstock, 400 ribu orang terkagum-kagum akan skill dari Jimi. Thn 1970, Jimi membentuk band yg bernama Gypsys dgn merekrut Billy Cox (Bassis) dan Buddy Miles (Drummer). Tapi sayangnya kebiasaan lama Jimi yg suka mengkonsumsi Narkoba dan Alkohol itulah yg membuat kesehatannya semakin memburuk. Dan itu terjadi saat Jimi yg menginap di apartemennya yaitu di Samarkand Hotel di London. Dan saat terbangun pukul 11.00, pernapasan Jimi semakin memburuk.
Dan melihat itu, Jimi langsung dibawa ke RS. St. Mary Abbot dan tak lama kemudian nyawanya sudah tak bisa tertolong lagi. Jimi akhirnya meninggal dunia di tanggal 18 September 1970 karena Asphyxia. Banyak penghargaan yg diberikan Jimi, hingga dibuatkan patungnya di kota London, Hollywood Walk of Fame thn 1991 dsb. Banyak sekali teknik2 gitar yg diciptakan oleh Jimi spt E Minor Pentatonic Scale dgn Vibrato dan Slide, Hendrix 7#9 Chord, Chord dgn jempol ato jari tengah, Dobel ato Triple Hammers, Sliding, The Wah-Wah Pedal, String Bending Blues dsb. Sayangnya musisi2 kulit hitam jarang yg mengikuti jejaknya dan tekniknya ga bisa menyamai Jimi Hendrix

0 komentar:

Post a Comment