Wednesday 21 September 2016

Anniversary Lagu ''Creep'' dari Radiohead






Hari ini anniversary single Grunge terdahsyat dari Radiohead yang melegenda

Single "Creep" milik Radiohead ini dirilis pada tanggal 21 September 1992 yg terdapat di album Pablo Honey. Lagu "Creep" ini sebenarnya sudah diciptakan ketika Thom Yorke dan Colin Greenwood masih kuliah di Exester University. Colin Greenwood malah mengatakan bahwa lagu ini terinspirasi saat melihat seorang gadis yg mengikuti terus Thom Yorke saat show dan berani datang secara tiba2 saat konser lagi dimulai.

Namun Thom Yorke malah mengatakan bahwa lagu "Creep" ini menceritakan seorang pria mabuk yg mencoba untuk bisa menarik perhatian dari seorang wanita karena pria tersebut ternyata kurang percaya diri, makanya ada ekspresi kemarahan di lagu ini. Lirik lagu ini awalnya kena sensor karena ada kata2 yg dianggap kasar. Lagu ini berada diurutan 34 di Billboard Hot 100 dan urutan 7 di UK Singles Chart. Lewat lagu ini, tak disangka Radiohead bisa menembus pangsa pasar US yg terkenal sangat ketat seleksinya.

Lagu ini memang ada unsur musik Grunge-nya dan hebatnya lagi bisa menyaingi lagu2nya Nirvana disaat itu. Lagu ini berada diurutan 31 di 100 Greatest Songs of the 90's versih VH1. Ternyata lirik lagu ini dibantu juga oleh Albert Hammond dan Mike Hazlewood. Ada yg bilang bahwa lagu ini nada2nya mirip dgn lagu "The Air That I Breathe" milik the Hollies thn 1973. Sang produser rekaman meyakinkan Radiohead untuk tetap merilis lagu ini.

Sang produser rekaman sebenarnya lupa menambahkan suara piano di bagian akhir, tapi malah hasilnya jadi bagus. Noel Gallagher sempat menyindir Radiohead karena mau saja disuruh mengganti lirik aslinya saat tampil di TV dan panggung. Banyak musisi yg mendaur ulang lagu ini yaitu the Pretenders, Chino XL, Wagner Moura, Tears for Fears dan Korn.

Lirik :
*)intro
When you were here before
Couldn't look you in the eye
You're just like an angel
Your skin makes me cry
You float like a feather
In a beautiful world
And I wish I was special
You're so fuckin' special
(Reff) :
But I'm a creep,
I'm a weirdo
What the hell am I doing here?
I don't belong here
I don't care if it hurts
I want to have control
I want a perfect body
I want a perfect soul
I want you to notice
When I'm not around
You're so fuckin' special
I wish I was special
(kembali ke Reff)
She's running out again,
She's running out
She's run run run run..........run
.......
Whatever makes you happy
Whatever you want
You're so fuckin' special
I wish I was special
(kembali ke Reff)...
I don't belong here



https://m.youtube.com/watch?v=lZiNtbgm9oM

0 komentar:

Post a Comment