Tuesday 27 September 2016

Mengenang Shannon Hoon Vokalis Blind Melon





Hari ini mengenang hari kelahiran vokalis Blind Melon yaitu Shannon Hoon

Nama panjangnya Richard Shannon Hoon yg lahir di Lafayette-Indiana (USA) pada tanggal 26 September 1967. Memakai nama Shannon
karena sang ayah ternyata nama depannya sama dengannya yaitu Richard. Saat masih sekolah SMA Shannon Hoon sangat menyukai hobinya yaitu bermain Football (Rugby), Gulat dan Lompat Galah. Tapi kalo urusan musik, Shannon Hoon saat itu sangat menyukai musik2nya Grateful Dead, the Beatles dan Bob Dylan.

Saat lulus SMA di thn 1985, Shannon Hoon langsung bergabung bersama band yg bernama Styff Kytten. Shannon Hoon nekat merantau ke Los Angeles dan ketika menghadiri pesta menyanyikan lagu "Change", dia bertemu Brad Smith dan Roger Stevens. Lalu Christopher Thorn dan Glen Graham ikutan gabung hingga mereka sepakat membentuk band bernama Blind Melon di thn 1990. Dan tak disangka Blind Melon merilis album pertamanya langsung sukses besar meraih platinum 4x di US dan Kanada di thn 1992.

Single "No Rain" cukup populer di dunia musik Rock era 90an, disusul single lainnya yg berjudul "Tones of Home". Shannon Hoon ternyata teman SMA dari adik perempuannya Axl Rose. Dan ketika merilis album Use Your Illusion, Shannon Hoon diajak Axl Roses membantu albumnya tsb. Di video klip "Don't Cry", Shannon Hoon juga ada disana dan menjadi backing vokalnya Axl Rose. Begitu juga di lagu "The Garden" milik GNR, Shannon juga menjadi backing vokalnya.

Namun kebiasaannya Shannon Hoon mengkonsumsi narkoba membuat karirnya hancur. Disaat Blind Melon akan konser ke New Orleans, Shannon Hoon tidak terbangun dari tidurnya hingga mau dibawa ke Ambulance, tapi nyawanya sudah tak tertolong lagi karena overdosis di bulan Oktober 1995.

0 komentar:

Post a Comment