Monday 19 September 2016

Anniversary album New Jersey dari Bon Jovi


Hari ini anniversary album Glam Metal ke 4 dan terbaik dari Bon Jovi
Album New Jersey ini dirilis pada tanggal 19 September 1988 yg direkam di Little Mountain Sound Studio di Vancouver (Kanada) dan diproduksi oleh 2 label rekaman yaitu Mercury dan Vertigo Records serta diproduseri oleh Bruce Fairbarn. Album ini sebenarnya sudah dibuat berbarengan dgn album Slippery When Wet dan rencananya Bon Jovi ingin membuat album dobel tapi idenya ditolak oleh perusahaan rekaman karena pertimbangan soal keuangan dan keuntungan nantinya.
Keluarnya album ini memang sudah direncanakan karena ingin menyelesaikan tur Slippery When Wet-nya terlebih dahulu di thn 1987. Para personil Bon Jovi istirahat selama sebulan, setelah itu langsung meneruskan lagu2nya yg sebenarnya ada 17 lagu. Jon dan Richie Sambora sepertinya mendapatkan tekanan dari pihak perusahaan karena dianggap pencipta lagu yg hebat. Jon Bon Jovi pun sampe mengatakan keraguannya untuk bisa menciptakan lagu sehebat "You Give Love a Bad Name" lagi.
Desmond Child kembali ditunjuk untuk membantu proses pembuatan lagu2 di album ini dan mereka memulai dgn 2 lagu yaitu "Born To Be My Baby" dan "Bad Medicine" yg awalnya dimainkan secara akustik, namun sang produser merasa kurang enak didengar. Sang produser menyarankan untuk memasukkan unsur musik elektronik yg dikombinasikan dgn musik Hard Rock dan juga sentuhan Glam Metal pastinya. Dan memang sudah diduga album ini bakalan sukses dan laris manis, meski tak sesukses album Slippery When Wet.Dan hebatnya lagi album ini bisa dirilis di Uni Sovyet yg notabene dulu musuh sejatinya USA. Album ini berhasil terjual diseluruh dunia sekitar 18 juta keping dan menjadi juara di beberapa negara seperti di US, Inggris, Australia, Selandia Baru, Swedia dan Swiss. Album ini meraih 7x platinum di US, lalu 2x platinum di UK dan Australia dan 5x platinum di Kanada. Bon Jovi adalah salah satu band Glam Metal yg bisa menjaga kesuksesannya dan itu beda dgn band2 Glam Metal lainnya yg sekali sukses.
Lagu2 di album ini banyak yg terkenal dan melegenda yaitu mulai dari lagu "I'll Be There For You" yg bisa disebut lagu power ballad yg paling banyak disukai. Lagu ini artinya sepertinya universal yaitu ada yg bilang sebagai ucapan terima kasih Bon Jovi kepada penggemarnya dan bisa juga dipakai untuk orang yg lagi kasmaran. Lagu ini berhasil menjadi juara di Billboard Hot 100, lalu peringkat 2 di Kanada dan peringkat 6 di Irlandia. Lagu ini paling sering dinyanyikan oleh para audisi ajang2 musik spt X-Factor, Idol, Voice dsb. Lagu ini bisa dibilang favorit para wanita dan lewat lagu ini penggemar Bon Jovi yg wanita sudah mulai bertambah banyak.
Trus ada lagu "Bed Medicine" yg irama Glam Metal-nya cukup kental dan lagu ini sepertinya mengajak para penggemarnya untuk lebih semangat dan bergairah bersama musik Glam Metal. Lagu ini juga menjadi juara di US Billboard Hot 100, lalu urutan 2 di Selandia Baru dan urutan 4 di Australia. Lagu ini juga pernah masuk di lagu soundtrack film Jay and Silent Bob Strike Back dan juga sempat dijadikan theme song pemain sepak bola asal Newcastle/Liverpool yaitu Barry Venison. Saat Barry Venison masuk ke lapangan, para penggemarnya bernyanyi : "oo..ooo... Your love is like Barry Venison".
Ada juga lagu "Lay Your Hands on Me" yg cukup terkenal juga dengan nuansa lagu Glam Metal yg cukup kental dan memberikan semangat juga kepada penggemarnya. Lagu ini diciptakan oleh Jon dan Richie Sambora yg ciri khasnya diambil dari lagu "You Give Love a Bad Name". Namun sayangnya lagu ini tidak begitu terkenal karena berada diurutan 7 di US Billboard Hot 100 dan diurutan 8 di Selandia Baru. Penyanyi musik Country legendaris asal US yaitu Dolly Parton pernah menyanyikan ulang lagu ini. Lagu ada lagu "Love for Sale" yg diciptakan ketika mereka berada di suatu pesta dan lagu ini dibilang sbg Chalet Sound di New Jersey.
Selain itu ada 2 lagi lagu Bon Jovi yg cukup terkenal di album ini yaitu "Born to Be My Baby" yg diciptakan Jon dan Richie Sambora dibantu juga sama Desmond Child. Lagu ini cukup sukses juga dgn berada diurutan 3 di US Billboard Hot 100 dan peringkat 7 di Irlandia. Dan yg terakhir lagu "Living in Sin" yg berada diurutan 9 di US Billboard Hot 100. Lagu ini tema percintaannya sangat kuat dan termasuk salah satu lagu balada yg cukup tenar, meski tak setenar "I'll Be There For You". Lalu ada lagu "Ride Cowboy Ride" yg didedikasikan untuk nama panggilan Jon dan Richie Sambora yaitu Captain Kidd dan King of Swing.
Lagu2 di album ini hampir semuanya diciptakan oleh Jon dan Richie Sambora, meski beberapa lagu dibantu oleh orang lain spt Desmond Child membantu cuman 4 lagu di album ini, lalu Diane Warren dan Holly Knight cuma 1 lagu. Cover album ini pun tidak jauh beda dgn album Slippery When Wet dan bedanya cover album ini berwarna biru. Nama New Jersey diambil dari nama kota dimana Jon Bon Jovi dilahirkan dan dibesarkan di kota yg sangat dicintai Jon Bon Jovi itu.

Personil : Jon Bongiovi (Vokalis/Gitaris), Richie Sambora (Gitaris), Alec John Such (Bassis), Tico Torres (Drummer) dan David Bryan (Keyboardis)
Track List :
Side A
1. Lay Your Hands on Me
2. Bad Medicine
3. Born to Be My Baby
4. Living in Sin
5. Blood on Blood
6. Homebound Train
Side B
1. Wild is the Wind
2. Ride Cowboy Ride
3. Stick to Your Guns
4. I'll be There for You
5. 99 in the Shade
6. Love for Sale

1 comment:

  1. Mantap gan artikelnya (y) tulisannya enak dibaca :)

    kunjungi balik blog paling keren gw wriki.blogspot.com / wriki.blogspot.co.id

    ReplyDelete