Tuesday 27 September 2016

Mengenang Cliff Burton Bassis Metallica




Hari ini mengenang hari kematian bassis terbaik Metallica yang sangat dihormati

Nama panjangnya Clifford Lee Burton yg lahir di bulan Februari 1962 lalu meninggal dunia pada tanggal 27 September 1986 diusia 24 thn. Bassis Metallica yang satu ini akan dikenang penggemarnya selama-lamanya karena mempunyai skill diatas rata - rata
dan sampe sekarang pun tetap terbaik di Metallica. Saat Metallica tur keliling Eropa mempromosikan album Master of Puppets, di tanggal 26 September tibalah Bis Metallica di negara Swedia. Awalnya semua personil Metallica mengeluh dengan keadaan bisnya yg kurang nyaman dan tidak memuaskan.

Dimalam hari para pemain Metallica undian main kartu yg pemenangnya boleh langsung tidur, dan undian itu dimenangkan oleh Cliff Burton yg tidur dibagian belakang dgn tempat tidur yg nyaman sebelum jam 7 pagi, lalu Kirk Hammett yg awalnya disitu terpaksa pindah ke depan. James Hetfield sudah curiga kalo sopirnya habis mabuk2an karena alkohol hingga nyupirnya ugal2an. Tapi menurut sopirnya menjelaskan kepada polisi bahwa dia kehilangan kendali karena ada gundukan es didepan hingga sopir tiba2 banting stir dan kehilangan kendali karena saat itu cuaca di Swedia bersalju.

Saat bis kehilangan kendali, tiba2 langsung miring terbalik dan anehnya cuman Cliff Burton saja yg terlempar dari dalam lewat jendela. Konon katanya saat tubuh Cliff Burton tertindih bis masih bisa bernafas meski sudah sekarat dan luka yg sangat parah, tapi saat Crane mau mengangkat bis tak disangka Crane tersebut tergelincir mengenai Cliff Burton hingga akhirnya dinyatakan tewas seketika. Para personil Metallica sangat sedih ditinggal Bassis terbaiknya dan mengenangnya lewat lagu "To Live is to Die" yg ada di album ...And Justice for All. Megadeth pun ikut memberikan lagu untuk mengenang Cliff Burton yg berjudul "In My Darkest Hour". Bahkan Anthrax pun mendedikasikan albumnya yg berjudul Among the Living kepada Cliff Burton.

Saat masih kecil, Cliff Burton dikenalkan musik2 klasik dan belajar bermain piano dari ayahnya. Saat masih SMA, Cliff Burton sudah bermain bersama band yg bernama EZ-Street. Ternyata Cliff Burton berada satu band dhn Jim Martin-nya Faith No More dan Mike Bordin-nya Ozzy Osbourne band. Cliff Burton bersama Mike Bordin melanjutkan karir2nya bersama2 yaitu kuliah di Hayward-California. Di thn 1982, Cliff Burton bergabung bersama band yg bernama Trauma dan tak lama kemudian melihat iklan dari Metallica yg membutuhkan pemain bass.

Saat di audisi, Cliff Burton memainkan bass solo "(Anesthesia) Pulling Teeth" dan intro lagu "For Whom the Bell Tolls". Saat melihat skill Cliff Burton, Lars Ulrich dan James Hetfield terkagum-kagum dan mengatakan bahwa shreddingnya luar biasa sekali hingga membuat Cliff Burton langsung diterima tanpa ragu2. Ketika terpilih, Cliff Burton meminta syarat yaitu Metallica harus pindah ke kampung halamannya dan itu langsung disetujui karena Metallica tak ingin kehilangan Cliff Burton. Skill Cliff Burton sangat bagus ketika memainkan musik instrumental yg berjudul "Orion" di album Master of Puppets. Majalah Rolling Stone memasukkan nama Cliff Burton diurutan 9 di Greatest Bassist of All Time lewat online. Cliff Burton juga penggemar berat band beraliran Horror Punk yaitu the Misfits hingga rela membuat tato logo Misfits di tangannya.

2 comments:

  1. fans metalica nih gan ? nothing else matters enak tuh lagunya

    ReplyDelete