Tuesday 27 September 2016

Mengenang single Jeremy dari Pearl Jam




Hari ini anniversary single Grunge yg sangat sukses dari Pearl Jam

Single "Jeremy" ini dirilis pada tanggal 27 September 1992 yg terdapat di album Ten. Lagu ini diciptakan oleh Eddie Vedder dan Jeff Ament yg liriknya menceritakan Baca Selengkapnya
2 kisah nyata yg berbeda. Yang pertama diambil dari berita yg ada di koran tentang anak remaja berusia 15 thn yg bernama Jeremy Wade Delle dari Texas yg bunuh diri dgn menembaki dirinya dihadapan guru dan 30 siswa yg terjadi di thn 1991. Dan yg satunya lagi diambil dari kisah yg diketahui oleh Eddie Vedder ketika masih sekolah SMP di California.

Saat itu Eddie Vedder bertengkar dgn seorang siswa yg bernama Jeremy dan juga bernama Brian yg melukan balas dendam dgn menembaki ruang kelas oceanography. Lagu ini ditulis ketika Pearl Jam konser bareng Alice in Chains di bulan Februari 1991 dan Jeff Ament saat itu memainkan bass 12 senar disertai dgn gaya vokal Eddie Vedder yg khas. Lagu ini sukses besar dgn berada diperingkat 5 di Billboard Mainstream Rock Tracks, peringkat 15 di UK Singles, peringkat 32 di Kanada dan peringkat 68 di Australia. Kesuksesan itu berlanjut saat dirilis di Indonesia, Brasil, Jerman, Belanda dll.

Lagu ini meraih kesuksesan dgn meraih 4 penghargaan di MTV Awards 1993 yaitu di kategori Best Video of the Year mengalahkan kandidat kuat lainnya yaitu "Livin' on the Edge" (Aerosmith), "Free Your Mind" (En Vogue), "Digging in the Dirt" (Peter Gabriel) dan "Man of the Moon" (R.E.M), lalu menang juga di kategori Best Group Video mengalahkan kandidat lainnya spt "I Feel You" (Depeche Mode), "Free Your Mind" (En Vogue) dan "Man of the Moon" (R.E.M). Menang juga di kategori Best Metal/HardRock Video mengalahkan "Livin' on the Edge" (Aerosmith), "Unsung" (Helmet) dan "Wish" (Nine Inch Nails).

Dan yg terakhir kategori Best Direction juga dimenangkan oleh Pearl Jam. Tapi di Grammy Award 1993 lagu ini masuk nominasi di kategori Best Rock Song yg kalah dgn "Layla" (Eric Clapton) dan di kategori Best Hard Rock Performance yg kalah dgn "Give it Away" (RHCP). Video klipnya menampilkan sosok pemeran Jeremy yg diejek2 temannya di kelas dan melempar buah apel ke gurunya. Video klip lagu ini sempat mengundang kontroversi karena seorang siswa membawa pistol di kelas, lalu menembaki orang.

Lirik :
*) intro
At home
Drawing pictures
Of mountain tops
With him on top
Lemon yellow sun
Arms raised in a V
And the dead lay in pools of maroon below
Daddy didn't give attention
Oh, to the fact that mommy didn't care
King Jeremy The Wicked
Ruled his world
Jeremy spoke in... class today (2x)
Clearly I remember
Pickin' on the boy
Seemed a harmless little fuck
But we unleashed a lion
Gnashed his teeth
And bit the recess lady's breast
How could I forget
And he hit me with a surprise left
My jaw left hurting
Dropped wide open
Just like the day
Oh, like the day I heard
Daddy didn't give affection, no!
And the boy was something that mommy wouldn't wear
King Jeremy The Wicked
Ruled his world
Jeremy spoke in... class today (3x)
Try to forget this (try to forget this)
Try to erase this (try to erase this)
From the blackboard
Jeremy spoke in... class today (2x)
Jeremy spoke in, spoke in
Jeremy spoke in, spoke in
Jeremy spoke in.... class today
spoke in...spoke in.. spoke in (3x)

1 comment:

  1. Lagunya Dan Cerita Kisah Nyata Nya Emang Dalem Banget

    ReplyDelete